Kupang, KabarTerkiniNews.co.id – Wakil Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Bima Arya Sugiarto, mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan publik Wali Kota Kupang, dr. Christian Widodo saat meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kupang pada Selasa (14/10/2025).
Dalam kunjungan tersebut, Wamendagri Bima Arya didampingi Wali Kota Kupang, dr. Christian Widodo dan sejumlah pejabat Pemerintah Kota Kupang seperti Plh. Sekda Kota Kupang Ignasius Lega, Asisten I Setda Kota Jeffry Pelt, Kepala DPMPTSP Kota Kupang Andre Otta, Kadis Kesehatan Kota, drg. Retnowati, Kadis Dukcapil Kota Kupang, Angelina Tamo Inya, Direktur RSUD SK Lerik, drg. Dian Sukmawati Arkiang, serta sejumlah stakeholder lainnya.
Bima Arya menyampaikan kesan positif terhadap keramahan dan profesionalitas para petugas di MPP Kota Kupang. Menurutnya, pelayanan publik yang baik tidak hanya berorientasi pada kemudahan, tetapi juga harus mampu memberikan kebahagiaan kepada masyarakat.
” Saya rasakan keramahtamahan dari staf yang ada di sini, karena Pak Wali Kota orangnya ramah, jadi tertular ke seluruh tim. Itu penting sekali, karena pelayanan publik bukan hanya memudahkan masyarakat, tapi juga membahagiakan mereka. Itulah esensi dari demokrasi,” ujar Bima.
Wamendagri juga memberikan apresiasi khusus terhadap dua inovasi yang dinilainya sangat inspiratif. Pertama, inovasi layanan “BESTI” (Beres dan Pasti_Red) yang menjadi wadah curhat dan konsultasi masyarakat terkait layanan perizinan dan pengaduan di DPMPTSP Kota Kupang.
Serta yang kedua ialah program dana pengaman sebesar Rp 3 miliar per tahun yang ditempatkan di RSUD SK Lerik Kupang untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki BPJS atau Nomor Induk Kependudukan.
Rudy







